Palembang atau Bontang bakal terima investasi etanol 2,5 miliar dolar
  • Fri, 03/05/2013 - 15:15

JAKARTA, 3/5 (SOLUSInews): Dua kota Indonesia, Palembang atau Bontang berpeluang menerima investasi industri etanol dari Amerika Serikat.

Ini terkait dengan rencana perusahaan teknologi dan bahan baku asal Amerika Serikat (AS), 'Celanese Corporation', yang akan membangun pabrik etanol di Indonesia dengan nilai investasi 2,2 hingga 2,5 miliar dolar AS.

"Pabriknya direncanakan dibangun di Palembang atau Bontang dengan kebutuhan lahan sebesar 150 hingga 200 hektare," ujar Direktur Industri Kimia Dasar Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Tony Tanduk, di Jakarta, Jumat (3/5).

Disebutnya, pembangunan pabrik tersebut diperkirakan memakan waktu antara dua hingga tiga tahun. Kalau sudah siap lahannya maka tahun ini akan dibuat perencanaan segala hal untuk merealisasikan pembangunan pabrik tersebut.

Ia mengatakan pula, proyek ini merupakan tahapan gasifikasi batu bara yang mengolah etanol menjadi metanol dan sangat diperlukan untuk bahan bakar dan industri kimia.

"Kalau dibangun di Palembang, Celanese direncanakan akan menggandeng PT Pertamina (Persero) dan menghasilkan 1 hingga 1,1 juta ton etanol per tahun," ujarnya.

Dikatakannya lagi, satu pabrik memerlukan lebih dari empat hingga lima juta ton batu bara per tahun. Kapastitas satu pabrik bisa menghasilkan 1 hingga 1,1 juta ton etanol per tahun atau ekuivalen 1,3 miliar liter per tahun.

Tony Tanduk mengungkapkan pula, pengembangan proyek bahan bakar sintesis etanol dengan teknologi mutakhir itu akan menghasilkan bahan baku plastik, campuran BBM, dan bahan bakar.

(jr-ant/S)

Categories: 

Berita Terkait