KTT APEC BALI - Para pemimpin negara Adidaya pastikan hadir
  • Wed, 19/06/2013 - 22:49

JAKARTA, 19/6 (SOLUSInews): KTT APEC di Bali dipastikan dihadiri para pemimpin negara anggota organisasi kerja sama ekonomi Asia Pasifik itu.

Sebagaimana diketahui, konferensi tingkat tinggi ke-21 itu dijadualakn berlangsung di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2013 mendatang.

Beberapa pemimpin dunia yang sudah memastikan hadir, menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa, Rabu (19/6), antara lain, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xi Jinping.

Menlu menambahkan, hingga saat ini belum ada satu pun pemimpin negara yang membatalkan kehadirannya dalam konferensi yang berlangsung pada tanggal 7-8 Oktober mendatang.

"Hingga saat ini, proses konfirmasi dari kepala negara anggota APEC terus diterima Kemlu RI dan masih terus bergulir. Belum ada seorang kepala negara yang menyatakan berhalangan hadir," kata Marty dalam jumpa wartawan yang berlangsung di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, APEC mengambil tema "Kawasan Asia Pasifik yang Tangguh, Penggerak Pertumbuhan Global" dan mengusung visi kawasan Asia Pasifik yang tangguh dan cepat pulih di tengah krisis ekonomi global, sehingga menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi dunia. Marty menyebut, ada tiga prioritas dalam pertemuan tingkat tinggi APEC kali ini.

Satu, mencapai tujuan Deklarasi Bogor tahun 1994 silam. Dua, mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang setara, di mana fokus utama pada daya saing global UKM, inklusi finansial, ketahanan pangan dan kesehatan.

Sementara itu, prioritas ketiga menyangkut soal mendukung konektivitas dengan fokus kepada pembangunan fisik.

Dalam kesempatan itu, Marty juga menyampaikan bahwa pertemuan KTT APEC tidak akan berbenturan dengan jadwal KTT ASEAN di Brunei Darussalam.

"Penyelenggaraan pertemuan KTT APEC dan ASEAN tidak akan tumpang tindih, karena pemimpin negara terkait akan langsung terbang dari Denpasar menuju Brunei Darussalam. Praktis hal yang sama juga akan ditempuh oleh Presiden SBY," kata dia.

Marty Natalegawa menambahkan, di penghujung tahun selain KTT ASEAN dan APEC akan ada dua pertemuan tingkat tinggi lainnya yang juga penting bagi Indonesia, yaitu KTT G20 pada September mendatang di St. Petersburgh, Rusia, dan KTT Menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Bali pada November.

(jr-vnc/S)

Categories: 

Berita Terkait