Survei Terbaru: Popularitas Jokowi lambungkan elektabilitas PDI-P
  • Thu, 20/06/2013 - 09:43

JAKARTA, 20/6 (SOLUSInews): Berdasarkan survei yang digelar Indonesia Research Center, terbukti elektabilitas PDI Perjuangan kini melambung.

Disebutkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dianggap sukses memainkan perannya sebagai partai oposisi saat Partai Demokrat berkuasa. Hal tersebut menyusul pernilaian terhadap PDI-P sebagai partai politik paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Saya kira kondisi relalitas hari ini, PDI-P mampu memainkan peran oposisi partai oposisi yang dimainkan PDI-P sangat efektif membangun kepercayaan publik. PDI-P mampu jadi partai penyeimbang pemerintah dengan konsep kerakyakan, simpati publik luar biasa," kata Pakar Komunikasi Politik, Heri Budianto, Kamis (20/6).

Dia menambahkan, faktor kedua, yang membuat PDI-P diprediksi akan merajai Pemilu 2014, karena berbagai macam kasus korupsi yang menyeret sujumlah kader partai, seperti Partai Golkar bermasalah dengan dugaan korupsi Al'quran, PKS dengan dugaan korupsi impor daging dan Partai Demokrat sudah ditinggalkan masayarakat sejak kasus Nazaruddin, Angelina, Andi Mallarangeng lalu Anas Urbaningrum.

"Beberapa partai yang kadernya tersangkut masalah korupsi membuat PDIP melaju meraih simpati publik," ujarnya sebagaimana dilansir 'okezone' dan terpantau SOLUSInews.

Dia juga mengungkapkan, momentum rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), membuat PDI-P mampu meraih simpati publik dengan menolak kenaikan harga BBM. "Popularitas Jokowi juga turut berpartisipasi dalam melambungkan elektabilitas PDIP. Tahun 2013 kita lihat adalah tahunnya PDIP. Elektabilitas kita enggak tahu ke depan apakah mampu memainkan perannya untuk menangkan pemilu 2014," demikian Heri Budianto.

Paling dipercaya

Sebelumnya survei yang digelar Indonesia Research Center (IRC) memaparkan, PDI-P dinilai sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel sebanyak 1.151 responden yang dipilih secara acak.

Sampel didistribusikan secara proporsional di enam provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Sementara proporsi responden laki-laki dan perempuan adalah 50:50. 'Margin of error' (MoE) diperkirakan sebesar 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei menunjukkan, 17,6 persen responden menyatakan, sebagai partai oposisi, PDI Perjuangan sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat.

Pandangan positif masyarakat di Pulau Jawa terhadap PDI-P tidak hanya dilihat dari sisi kapabilitas dalam mengartikulasikan dan mengagregasikan kepentingan rakyat. “Sebanyak 29.6 persen responden juga menilai PDI-P sebagai partai politik yang secara konsisten melakukan kontrol dan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan, berbeda sangat signifikan Partai Demokrat dan Golkar yang berada di peringkat kedua dan ketiga,” tulis IRC.

Berikut urutan partai paling dipercaya Rakyat:

1. PDI Perjuangan (17,6 persen)
2. Golkar (12,4 persen)
3. Demokrat (12,3 persen)
4. Gerindra (7,8 persen)
5. PKB (3,9 persen)
6. PKS (3,5 persen)
7. PAN (3,1 persen)
8. NasDem (2,5 persen)
9. Hanura (2,4 persen)
10. PPP (1,7 persen)
11. PBB (0,3 persen).

(jr-ozc/S)


Berita Terkait